Selasa, 12 September 2017

Mengenal Batik Trusmi Cirebon

Yuk kita Mengenal Batik Trusmi Cirebon yang merupakan destinasi Batik Lengkap di Cirebon. Sebuah desa di Kabupaten Cirebon yang kini memiliki sentra Batik yaitu Batik Trusmi. Batik Trusmi kini menjelma menjadi sentra batik layaknya Pekalongan, Solo dan Jogja. Dahulu kala, sekitar sepuluh tahun silam tidak banyak wisatawan mengetahui Batik Trusmi di Cirebon. Hanya penggemar berat batik saja yang mengetahuinya. Atau mereka yang berdomisili di area Cirebon dan sekitarnya. Lama kelamaan Batik Trusmi menjadi terkenal bahkan anda akan melihar pusat grosir batik dengan parkiran luas dan jejeran butik-butik batik dari yang sederhana sampai mewah.


Saking populernya Batik Trusmi Cirebon, produksi batik tidak hanya di Desa Trusmi saja bahkan menular ke tiga desa lain yakni Panembahan, Kali Tengah dan Kali Wulu. Khusus untuk penjualan, tetap Desa Trusmi yang menjadi andalan.


Mengenal Batik Trusmi Cirebon


Bagaimana cara menuju sentra Batik Trusmi Cirebon ? Lokasi Batik Trusmi cukup mudah dijangkatu. Lokasi menuju Trusmi setelah keluar Tol Cipali-Palikanci di Gerbang Tol Plumbon ke arah Kota Cirebon, di perempatan Plered Anda akan melihat gapura bertuliskan Kawasan Wisata Sentra Batik Trusmi di sebelah kiri. Dari gapura itu ke arah Kota Cirebon sampai kawasan wisata kuliner empal gentong. Nah disitulah Lokasi Batik Trusmi Cirebon.


Produk yang terkenal Batik Trusmi Cirebon adalah motif mega mendung. Motif mega mendung ini menjadi motif utama. Motif awan ini merupakan akulturasi budaya China dan Islam sejak era Wali Songo. Motif ini terus dijaga sampai sekarang, namun kemudian lahir aneka variasi warna, motif dan bahan. Produk turunan mulai aneka jenis busana, sampai pernak-pernik batik juga tersedia.


Untuk harga batik trusmi Cirebon cukup murah. Rentang harga batik Trusmi Cirebon mulai Rp 25 ribu sampai Rp 1 juta. Kain yang paling mahal adalah batik tulis bermotif Paksi Naga Liman, nama kereta kerajaan milik Keraton Kasepuhan.


Anda sudah Mengenal Batik Trusmi Cirebon yang merupakan primadona wisata baru alternatif. Silakan kunjung kawasan Batik Trusmi Cirebon.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page