Jumat, 15 September 2017

Mengenal Cantiknya Batik Kerek Tuban

Mari Mengenal Cantiknya Batik Kerek Tuban yang mempunyai corak khas ini. Batik Kerek Tuban terpusat di Kecamatan Kerek yang terletak di barat Kota Tuban kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Tuban Bumi Wali. Akses menuju Kerek melawati Perumahan Semen Gresik, Kecamatan Merakurak. Batik Kerek yang paling dikenal adalah Batik Gedog menjadi produk terlaris. Batik ini menjadi primadona warga Tuban, apalagi warga Tuban yang merantau, mengenakan Batik Gedog adalah kebanggaan.


Menurut sejarah, Batik Kerek / Batik Gedog dipengaruhi oleh kebudayaan Tionghoa. Seperti kita tahu bahwa Tuban adalah kota besar pada jamannya, kota perdagangan. Sehingga banyak warga keturuan yang tinggal dan mukim di Tuban. Akulutrasi kebudayaan lokal dengan Cina akhirnya tercipta Batik Lokal Tuban di Kecamatan Kerek. Batik Gedog dengan motif Cincin Miring, Krompol dan Sri Gunting.

Batik Gedog Tuban


Bahan yang digunakan untuk membatik masih dipertahankan sampai saat ini, yaitu bahan alami seperti daun Indigo dan zat dari kayu mahoni. Sungguh warisan yang tiada ternilai dari Kecamatan Kerek Tuban ini.


Aplikasi dari Batik Gedog / Batik Kerek adalah untuk sergam kantor. Dimana kebanyakan corak batik yang digunakan di perkantoran adalah batik Gedog. Hal ini merupakan bentuk kecintaan warga Tuban kepada kekayaan budaya.


Selain itu, Batik Gedog Tuban juga cocok digunakan untuk baju pesta copule/ pasangan atau dress/ kemeja. Semua cocok, apalagi warna yang mencolok karena terbuat dari bahan alami.

Baca Mengenal Batik Trusmi Cirebon


Harga kain batik gedok Tuban sangat terjangaku, anda bisa mengunjungi gerai-gerai di Tuban yang menyediakan batik gedog tuban.


Apabila anda berminat, bisa menghubugi kami untuk membeli batik gedog kepada kami. Silakan order di batikembos.com.
Disitu banyak tersedia batik pekalongan, maupun bisa pesan batik Gedog Tuban.

Artikel Terkait